Kenali Yuk Cara & Gaya Belajar Yang Efektif

SMAN1LAKBOK | Setiap orang tentu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Perbedaan ini dibentuk oleh kebiasaan dalam menyerap informasi, nah gimana sih caranya agar belajar bisa efektif. Kenali yuk cara dan gayanya.

a. Tipe Audtori
Tipe belajar seperti ini memiliki indera pendengaran yang sangat kuat. Cara belajar efektif yang seperti ini mudah sekali menyerap informasi terlebih memahami stimulus yang masuk lewat telinga. Namun orang auditori akan sulit berkonsentrasi dalams uasana berisik. Jadi kalau mau belajar efektif, orang audtori ini akan menjauh dari potensi gangguan dan mencari tempat yang lebih tenang.

Selain itu orang auditori lebih mudah memahami materi yang disampaikan melalui podcast atau rekaman suara. Apakah kamu termasuk orang dengan cara belajar gaya auditori ini?

b. Tipe Visual
Orang tipe ini lebih mengandalkan indera penglihatan alias mata. Jadi sebaliknya dengan tipe audtori tadi. Orang seperti ini akan lebih cepat menangkan stimulus yang bisa dilihat untuk selanjutnya disimpan dalam ingatan.

Tipe visual biasanya memiliki ingatan yang kuat terhadap ruang, warna dan bentuk. Itu sebabnya orang visual lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan dalam bentuk presentasi dan gambar. Tipe visual juga orangnya tidak mudah terganggu belajarnya, meskipun belajar dalam suasana ramai.

c. Tipe Verbal atau Lingustik
Tipe seperti ini memiliki kelebihan dalam soal berbahasa. Mereka lebih suka membaca, pandai berbicara dan menulis. Orang tipe seperti ini biasnya terlihat dari cara bertuturnya yang runtut. Dan mereka mudah menyerap informasi dalam bentuk teks, atau bacaan. Belajar dan berdiskusi merupakan cara belajar yang efektif.

d. Tipe Fisik atau Kinestetik
Pernah melihat orang yang tidak pernah bisa duduk tenang disaat belajar? Misalnya selalu saja menggoyang-goyangkan kakinya atau mengetuk-ngetuk meja. Memang tak jarang gerakannya membuat orang lain merasa terganggu.

Kalau kalian pernah nemui orang dengan tipe belajar seperti itu, berarti mereka termasuk tipe kinestetik. Selalu butuh bergerak untuk memahami informasi. Saat menghapal misalnya biasanya akan terlihat mondar-mandir.

Nah dari semua cara dan tipe belajar. Kalian termasuk ke tipe yang mana? Coba tulis di komen ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *